Kanker Payudara pada Anak-Anak

Apa itu Kanker Payudara pada Anak?

Kanker payudara adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan payudara. Kanker payudara dapat terjadi pada anak laki-laki dan perempuan.

Kanker payudara adalah kanker paling umum di antara wanita berusia 15 hingga 39 tahun. Kanker payudara pada kelompok usia ini lebih agresif dan lebih sulit diobati daripada pada wanita yang lebih tua. Perawatan untuk wanita yang lebih muda dan yang lebih tua adalah serupa.

Pasien yang lebih muda dengan kanker payudara mungkin memiliki konseling genetik (diskusi dengan seorang profesional terlatih tentang penyakit yang diturunkan) dan pengujian untuk sindrom kanker keluarga. Juga, kemungkinan efek pengobatan pada kesuburan harus dipertimbangkan.

Sebagian besar tumor payudara pada anak-anak adalah fibroadenoma, yang jinak (bukan kanker). Jarang, tumor ini menjadi tumor phyllodes besar (kanker) dan mulai tumbuh dengan cepat. Jika tumor jinak mulai tumbuh dengan cepat, biopsi aspirasi jarum halus (FNA) atau biopsi eksisi akan dilakukan. Jaringan yang dikeluarkan selama biopsi akan dilihat di bawah mikroskop oleh ahli patologi untuk memeriksa tanda-tanda kanker.

Apa Faktor Risiko untuk Kanker Payudara pada Anak?

Risiko kanker payudara meningkat sebagai berikut:

    Memiliki riwayat pribadi dari jenis kanker yang dapat menyebar ke payudara, seperti leukemia, rhabdomyosarcoma, sarkoma jaringan lunak, atau limfoma.
    Pengobatan sebelumnya untuk kanker lain, seperti limfoma Hodgkin, dengan terapi radiasi ke payudara atau dada.

Apa Tanda dan Gejala Kanker Payudara pada Anak?

Kanker payudara dapat menyebabkan tanda-tanda berikut. Tanyakan kepada dokter anak Anda jika anak Anda memiliki salah satu dari hal berikut:

    Benjolan atau penebalan di atau dekat payudara atau di area ketiak.
    Perubahan ukuran atau bentuk payudara.
    Lesung pipit atau kerutan di kulit payudara.
    Puting susu berubah ke dalam ke payudara.
    Kulit bersisik, merah, atau bengkak pada payudara, puting, atau areola (area gelap kulit yang ada di sekitar puting).
    Lesung pipi di payudara yang terlihat seperti kulit jeruk, disebut peau d'orange.

Kondisi lain yang bukan kanker payudara dapat menyebabkan tanda-tanda yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar