Pemeriksaan Payudara Sendiri

Sebagian besar benjolan di payudara bersifat jinak (bukan kanker). Jenis utama benjolan payudara non-kanker adalah fibrosis (sejumlah besar jaringan payudara berserat) dan kista (kantung berisi cairan). Jika Anda melihat ada benjolan di payudara atau perubahan lain di salah satu payudara Anda, kunjungi dokter.

Pemeriksaan payudara sendiri digunakan untuk direkomendasikan. Namun, penelitian menunjukkan ada sedikit bukti yang membantu mendeteksi kanker payudara lebih dini. Rekomendasi American Cancer Society saat ini adalah bahwa wanita harus tahu bagaimana payudara mereka biasanya terlihat dan terasa dan harus menemui dokter jika mereka melihat ada perubahan.

Risiko untuk kanker payudara dapat diwariskan. Wanita dengan riwayat keluarga kanker payudara yang kuat memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Risiko untuk mengembangkan kanker payudara berlipat ganda jika Anda memiliki saudara perempuan tingkat pertama (ibu, saudara perempuan, anak perempuan) dengan penyakit tersebut. Jika dua anggota keluarga tingkat pertama telah didiagnosis, risikonya meningkat menjadi lima kali lipat.

Selain itu ada gen abnormal yang dikaitkan dengan risiko tinggi kanker payudara (BRCA1 atau BRCA2) yang mungkin diwariskan. Gen CHEK2 yang abnormal mungkin juga dikaitkan dengan kanker payudara. Kanker payudara yang terkait dengan gen abnormal yang diwariskan cenderung berkembang pada usia lebih dini (di bawah usia 40) dan itu juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker ovarium.

Kanker payudara dimulai karena sel-sel abnormal tumbuh di luar kendali. Kanker, menurut definisi, disebabkan ketika sel-sel abnormal mulai tumbuh di luar kendali. Sel-sel normal membelah secara teratur dan akhirnya mati, dengan sel-sel baru mengambil tempat mereka. Sel-sel kanker terus tumbuh dan membuat sel-sel baru, menyingkirkan sel-sel normal yang sehat. Sel-sel kanker juga bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh (bermetastasis), yang sel-sel normal tidak bisa lakukan.

 Bentuk paling umum dari kanker payudara adalah ductal carcinoma invasif (IDC), terhitung sekitar 80% dari semua diagnosis kanker payudara. Jenis kanker payudara ini dimulai di saluran susu payudara dan akhirnya menyusup ke jaringan lemak atau berserat pada payudara. Sel-sel kanker kemudian memiliki potensi untuk menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh.

Tumor jinak tidak dianggap sebagai bentuk kanker dan oleh karena itu tidak bermetastasis. Mereka belum memperoleh kemampuan pertumbuhan yang tidak terkendali seperti tumor ganas, dan mereka tidak dapat tumbuh menjadi (menyerang) jaringan lain. Tumor jinak biasanya tidak kambuh setelah diangkat secara operasi.

Faktor risiko kanker payudara

Faktor risiko gaya hidup untuk kanker payudara yang dapat Anda ubah termasuk:

    Penggunaan alkohol
    Kelebihan berat badan atau obesitas
    Tidak memiliki anak atau memiliki anak pertama setelah usia 30
    Ketidakaktifan fisik
    Penggunaan beberapa kontrasepsi hormonal
    Terapi penggantian hormon (HRT) untuk menopause, terutama estrogen dan progesteron (terapi hormon gabungan atau HT)

Faktor risiko lain untuk kanker payudara (hal-hal yang tidak dapat Anda ubah):

    Menjadi wanita
    Usia di atas 55 tahun
    Gen diwariskan, termasuk BRCA1 dan BRCA2 dan lainnya
    Riwayat keluarga kanker payudara
    Riwayat pribadi kanker payudara
    Memiliki jaringan payudara yang padat
    Perempuan kulit putih secara keseluruhan sedikit lebih mungkin untuk mengembangkan kanker payudara, tetapi wanita Afrika-Amerika lebih cenderung mengembangkan kanker payudara di bawah usia 45
    Kondisi payudara jinak tertentu
    Awal menstruasi (sebelum usia 12)
    Menopause setelah usia 55 tahun
    Radiasi ke dada

Menurut alat Profil Kanker Negara, yang merupakan upaya kerja sama antara Pusat Pengendalian Penyakit dan National Cancer Institute, The District of Columbia, (Washington, DC) sebagai tingkat tertinggi kanker payudara di AS, dengan hampir 153 keluar dari setiap 100.000 wanita yang didiagnosis dengan penyakit ini setiap tahun.Negara bagian AS dengan insiden kanker payudara terendah adalah Arkansas, dengan hanya sekitar 106 kasus kanker payudara per 100.000 wanita setiap tahun.

Nyeri payudara bukan gejala umum kanker payudara. Kadang-kadang, kanker payudara ditemukan dengan skrining ketika mereka sangat kecil dan tidak menghasilkan gejala. Ketika mereka menyebabkan gejala, massa atau benjolan di payudara adalah gejala yang paling umum. Gejala lain yang mungkin dari kanker payudara adalah iritasi kulit, kemerahan, lesung, dan penebalan; retraksi puting; cairan puting, dan pembengkakan semua atau sebagian payudara.

Setelah benjolan ditemukan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah membuat janji dengan dokter. Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, kebanyakan benjolan atau massa payudara bukan kanker. Benjolan di payudara mungkin terkait dengan siklus menstruasi pada wanita yang lebih muda dan bahkan dapat datang dan pergi tergantung pada siklus. Tapi itu selalu terbaik untuk memiliki benjolan yang diperiksa oleh penyedia layanan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar