Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara dini tidak memiliki gejala. Biasanya tidak menyakitkan.

Sebagian besar kanker payudara ditemukan sebelum gejala muncul, baik dengan menemukan kelainan pada mamografi atau merasakan benjolan di payudara. Benjolan di ketiak atau di atas tulang selangka yang tidak hilang mungkin merupakan tanda kanker. Gejala lain yang mungkin adalah keputihan payudara, inversi puting, atau perubahan pada kulit yang melapisi payudara.

    Sebagian besar benjolan di payudara tidak bersifat kanker. Semua benjolan payudara, bagaimanapun, perlu dievaluasi oleh dokter.
    Keputihan payudara adalah masalah umum. Keputihan sangat memprihatinkan jika hanya dari satu payudara atau jika berdarah. Bagaimanapun, semua keputihan payudara harus dievaluasi.
    Inversi puting adalah varian umum dari puting normal, tetapi inversi puting yang merupakan pengembangan baru perlu menjadi perhatian.
    Perubahan pada kulit payudara termasuk kemerahan, perubahan tekstur, dan kerutan. Perubahan ini biasanya disebabkan oleh penyakit kulit tetapi kadang-kadang dapat dikaitkan dengan kanker payudara.

Kapan Sebaiknya Seseorang Mencari Perawatan Medis untuk Kanker Payudara?

Kanker payudara berkembang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Setelah diidentifikasi, bagaimanapun, rasa tertentu urgensi dirasakan tentang perawatan, karena kanker payudara jauh lebih sulit untuk diobati karena menyebar. Anda harus menemui penyedia layanan kesehatan Anda jika mengalami hal-hal berikut:

    Menemukan benjolan di payudara
    Menemukan benjolan di ketiak Anda atau di atas tulang selangka Anda yang tidak hilang dalam dua minggu atau lebih
    Mengembangkan pelepasan puting susu
    Memperhatikan inversi puting baru atau perubahan kulit di atas payudara

Kemerahan atau pembengkakan di payudara mungkin menunjukkan infeksi pada payudara.

    Anda harus menemui penyedia layanan kesehatan Anda dalam 24 jam ke depan karena infeksi harus segera diobati.
    Jika Anda mengalami kemerahan, bengkak, atau nyeri parah pada payudara dan tidak dapat menjangkau penyedia layanan kesehatan Anda, perjalanan ke departemen gawat darurat terdekat dijamin.

Jika kelainan ditemukan pada mammogram Anda, Anda harus segera menemui penyedia layanan kesehatan untuk membuat rencana untuk evaluasi lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar