Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang timbul di jaringan payudara. Kanker adalah penyakit yang mulai sebagai kelainan yang berkembang di sel, yang mengarah ke pola pertumbuhan abnormal. Kanker dapat tumbuh di tempat di jaringan asal mereka atau menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh.

Meskipun kanker payudara terutama merupakan penyakit wanita, sekitar 1% kanker payudara terjadi pada pria. Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum pada wanita dengan pengecualian kanker kulit nonmelanoma. Ini adalah penyebab kematian kedua oleh kanker pada wanita, setelah hanya kanker paru-paru.

Pada tahun 2016, American Cancer Society memperkirakan bahwa 246.660 kasus baru kanker payudara invasif akan didiagnosis di antara wanita di Amerika Serikat dan bahwa lebih lanjut 61.000 kasus baru kanker payudara in-situ (non-invasif) akan didiagnosis. Seorang wanita memiliki risiko seumur hidup untuk mengembangkan kanker payudara invasif sekitar satu dalam delapan, atau sekitar 12% selama masa hidup mereka. Risiko itu lebih rendah ketika mereka lebih muda dan meningkat seiring bertambahnya usia.

Angka kematian akibat kanker payudara telah menurun secara bertahap dan terus menurun. Penurunan ini kemungkinan disebabkan oleh peningkatan kesadaran dan skrining kanker payudara dan perbaikan metode pengobatan. Saat ini ada sekitar 2,8 juta korban kanker payudara di AS.

Apakah Ada Berbagai Jenis Kanker Payudara?

Payudara terbuat dari jaringan lemak, kelenjar, dan ikat (berserat). Payudara memiliki beberapa lobus, yang terbagi menjadi lobulus yang berakhir di kelenjar susu. Saluran kecil mengalir dari banyak kelenjar kecil, terhubung bersama, dan berakhir di puting.

    Saluran ini adalah tempat 80% kanker payudara terjadi. Kanker payudara yang muncul di saluran disebut kanker duktal.
    Kanker berkembang di lobulus disebut kanker lobular. Sekitar 10% -15% kanker payudara adalah tipe ini.
    Jenis kanker payudara yang kurang umum lainnya termasuk kanker payudara inflamasi, kanker meduler, tumor phyllodes, angiosarcoma, karsinoma musinum (koloid), tumor campuran, dan jenis kanker yang melibatkan puting yang disebut penyakit Paget.

Perubahan prakanker, disebut perubahan in situ, adalah umum.

    In situ adalah bahasa Latin untuk "di tempat" atau "di situs" dan berarti bahwa perubahan tidak menyebar dari tempat mereka memulai.
    Ketika perubahan in situ ini terjadi di duktus, mereka disebut karsinoma duktal in situ (DCIS). DCIS dapat diidentifikasi pada mamografi rutin.
    Karsinoma lobular in situ (LCIS) mengacu pada sel-sel yang tampak abnormal pada lobus penghasil ASI pada payudara. Ini dianggap sebagai kondisi yang meningkatkan risiko seorang wanita untuk kanker payudara.

Ketika kanker menyebar ke jaringan sekitarnya, mereka disebut kanker infiltrasi. Kanker yang menyebar dari saluran ke ruang yang berdekatan disebut karsinoma duktal infiltratif. Kanker yang menyebar dari lobulus adalah karsinoma lobular infiltratif.

Kanker yang paling serius dan berbahaya adalah kanker metastatik. Metastasis berarti bahwa kanker telah menyebar dari tempat di mana ia mulai ke jaringan lain yang jauh dari situs tumor asli. Tempat paling umum untuk kanker payudara untuk bermetastasis adalah ke kelenjar getah bening di bawah lengan atau di atas tulang selangka di sisi yang sama dengan kanker. Situs umum lainnya dari metastasis kanker payudara adalah otak, tulang, dan hati. Kanker yang telah menyebar hanya ke kelenjar getah bening di bawah lengan mungkin masih bisa disembuhkan. Mereka yang menyebar ke kelenjar getah bening yang lebih jauh atau organ lain biasanya tidak dapat disembuhkan dengan perawatan yang tersedia saat ini. Perawatan dapat memperpanjang hidup selama bertahun-tahun bahkan dalam kasus-kasus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar