Tahapan Kanker Payudara

Perawatan Kanker Payudara dan Staging

Stadium kanker mengacu pada penentuan berapa banyak kanker yang ada dan seberapa jauh kanker telah menyebar pada saat diagnosis. Pementasan membantu menentukan prognosis wanita dan memandu opsi rencana perawatannya. Staging ditentukan oleh berbagai metode, termasuk hasil dari prosedur bedah, biopsi kelenjar getah bening, dan tes pencitraan.

Kanker in situ (DCIS atau LCIS) disebut sebagai stadium 0, karena sel-sel tumor bahkan belum mulai menyebar di luar saluran atau lobulus ke jaringan payudara yang berdekatan. Kanker payudara invasif dipentaskan I sampai IV, dengan tahap I menjadi tahap paling awal dan paling mudah diobati, sedangkan stadium II dan III mewakili kanker lanjut, dengan stadium IV mewakili sel kanker payudara yang telah menyebar (bermetastasis) ke organ yang jauh seperti tulang, paru-paru, atau otak. Setelah menyebarkan metastasis ini menjadi terdeteksi ketika mereka telah membagi waktu yang cukup untuk membentuk massa terdeteksi atau tumor metastatik.

Perawatan Kanker Payudara

Perawatan untuk kanker payudara bersifat individual dan didasarkan pada banyak faktor. Tim perawatan kesehatan wanita akan membantunya membuat pilihan yang terbaik untuknya. Secara umum, keputusan perawatan biasanya bergantung pada banyak faktor, termasuk yang berikut:

    Jenis kanker yang hadir
    Tahapan tumor (luasnya menyebar pada saat diagnosis)
    Apakah tumor menunjukkan ER, PR, dan / atau HER2
    Usia seorang wanita, baik biologis dan kronologis, (apakah dia sudah mengalami menopause) dan kesehatan secara keseluruhan
    Preferensi seorang wanita, yang harus menjadi yang terpenting dalam proses keputusan
    Hasil pengujian khusus dilakukan pada tumor, seperti analisis ekspresi gen

Perawatan mungkin termasuk kombinasi operasi, terapi radiasi, terapi hormon, kemoterapi, dan terapi yang ditargetkan. Seorang wanita juga dapat memilih untuk berpartisipasi dalam uji klinis atau perawatan yang lebih baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar